Menanggapi Peraturan Baru Kemendikbud, Al-Nahdlah Mengadakan Pelatihan Pembuatan Soal HOTS

Menanggapi Peraturan Baru Kemendikbud, Al-Nahdlah Mengadakan Pelatihan Pembuatan Soal HOTS

January 31, 2020

Berkaitan dengan peraturan baru Kemendikbud (Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia), yayasan Pondok Pesantren Al-Nahdlah menyelenggarakan pelatihan pembuatan soal HOTS ( Keterampilan Berpikir Hight Order ) pada hari Jum’at, 31 Januari 2020 yang bertepatan dengan Harlah NU (Nahdlatul Ulama), kegiatan tersebut dilaksanakan di Pesantren Al-Nahdlah Islamic Boarding School . Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi guru pendidik khusus Al-Nahdlah dalam proses pembuatan soal HOTS.

Dalam Kegiatan ini Hj. Lia Zahiroh, MA selaku pengawas Yayasan Elsas memaparkan tujuan yang dilaksanakannya kegiatan-kegiatan tersebut, selain karena ada peraturan terbaru dari Kemendikbud terkait soal USBN (Ujian Sekolah Berbasis Nasional) dan PAT (Penilaian Akhir Tuhan) yang disediakan atau dibuat oleh masing-masing program pendidikan masing-masing sesuai dengan masing-masing sesuai dengan standar kelulusan yang diterima.

“Kegiatan ini juga bagian dari kepedulian Al-Nahdlah dalam meningkatkan Kompetensi guru, karena kebijakan baru dari Kemendikbud ini kami rasa sangat penting untuk segera ditindak lanjuti, dengan bantuan pelatihan ini kami harapkan bapak / ibu guru Al-Nahdlah dapat membuat soal-soal ujian soal yang berkualitas dan representatif sehingga dapat mencapai indikator yang diharapkan. ” tutur pengawas Yayasan Elsas.

Dalam kegiatan ini, para dewan guru cukup antusias mengikuti pelatihan cara membuat soal HOTS. Selain itu, mereka juga cukup aktif dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Narasumber.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, kami mendapatkan informasi baru yang kompleks tentang pembuatan soal dan soal pembahasan soal soal yang akan kami berikan untuk peserta didik” ujar Jihan Al-Bustari, salah satu guru Pengampu Sejarah.

Recent comments

*
*
*

Recent Post

Categories

Open chat
1
Assalamu'alaikum ada yang bisa kami bantu?
Powered by